Penggunaan Metode Active Learning Tipe Power of Two Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Padang
Main Author: | Mely, Santri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10835/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10835/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10835/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10835/4/10070277%20MELLY%20SANTRI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10835/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi rendah di kelas XI IPS SMA Negeri 3 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan menggunakan Metode Active Learning Tipe Power of Two hasil belajar sosiologi siswa dapat meningkat di kelas XI IPS SMA Negeri 3 Padang. Jenis penelitan ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Padang yang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara purposive sampling, kelas XI IPS2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk pilihan ganda dengan reliabilitas tes adalah r = 0,841 Berdasarkan hasil analisis data tes akhir diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 86,62 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 76,32. Analisis data dilakukan diperoleh = 4,522 lebih besar dari = 1,67. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar sosiologi siswa dengan menggunakan Metode Active Learning Tipe Power of Two dapat meningkat di kelas XI IPS SMA Negeri 3 Padang, karena dengan menggunakan Metode Active Learning Tipe Power of Two ini siswa bersemangat dan aktif dalam belajar sehingga hasil belajar siswa meningkat.