Pengaruh Penerapan Model TANDUR Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 14 Padang
Main Author: | Yufira, Nurdiati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10832/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10832/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10832/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10832/4/10070265%20YULFIRA%20NURDIATI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10832/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berawal dari kenyataan di SMA Negeri 14 Padang bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa masih rendah, karena siswa cenderung menerima dan menghafal pelajaran tanpa ada pemahaman terhadap materi yang diajarkan, hal ini dapat dilihat saat siswa diberikan pertanyaan, siswa belum mampu menjawabnya dengan baik dan benar tampa buku paket. Salah satu cara untuk mengatasi hal yang demikian adalah dengan menerapkan model TANDUR. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar sosiologi siswa menggunakan model TANDUR lebih baik dari pada hasil belajar sosiologi siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 14 Padang yang sekarang sudah naik ke kelas XI yang terdiri dari 9 kelas. Sampel diambil dengan random sampling, kelas XI IPS 4 terpilih sebagai kelas eksperimen, kelas XI IPS 2 terpilih sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dari hasil belajar sosiologi adalah tes. Bentuk tes yang digunakan adalah pilihan ganda dengan reabilitas tes adalah r11 = 0,879. Berdasarkan hasil analisis dapat dilihat dari rata-rata kelas eksperimen adalah 80,7 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 69,46 Analisis data dilakukan diperoleh = 2,537 lebih besar dari = 1,68. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar sosiologi dengan menggunakan model TANDUR lebih meningkat. Upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan hasil belajar sosiologi siswa yaitu perlunya kreativitas guru dalam proses pembelajaran, salah satunya yaitu melalui penerapan model TANDUR.