Pelaksanaan Permendikbud. No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses (Pendekatan Saintifik) Pada Kegiatan Inti Dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas X IPS SMA Negeri 4 Padang
Main Author: | Migo, Wahyu Aknimal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10831/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10831/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10831/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10831/4/10070261%20MIGO%20WAHYU%20AKNIMAL.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10831/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebijakan dari pemerintah mengenai pengembangan kurikulum, yaitu penggantian Kurikulum KTSP menjadi Kurikulum 2013 yang ditetapkan pada tahun 2013 lalu. Pada Kurikulum KTSP pada kegiatan inti proses pembelajaran terdiri dari eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi, sedangkan pada Kurikulum 2013 kegiatan inti proses pembelajaran dikenal dengan pendekatan saintifik (scientific approach) terdiri dari mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasi. Untuk mencapai proses tersebut mencakup didalamnya tahapan afektif, kognitif, dan keterampilan/skill. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kegiatan guru dalam melakukan pendekatan ilmiah (scientific approach) dalam pembelajaran Sosiologi di SMA Negeri 4 Padang Teori yang digunakan adalah teori Fakta Sosial menurut Emile Durkheim.. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan tipe evaluatif. Informan pada penelitian ini adalah waka kurikulum, guru Sosiologi kelas X IPS dan Siswa/I kelas X IPS SMA Negeri 4 Padang. Pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dalam tiga cara: (1) observasi, (2) wawancara mendalam, (3) studi dokumentasi. Unit analisisnya adalah individu yaitu guru Sosiologi. Analisis data digunakan dengan model analisis data interaktif (Miles dan Huberman) yang mencakup dalam empat tahapan, yaitu : (1) tahap pengumpulan data, (2) tahap reduksi data, (3) tahap penyajian data dan (4) tahap kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan 1) Salah satu guru Sosiologi kelas X IPS SMA Negeri 4 Padang kurang memahami dalam melakukan pendekatan ilmiah (scientific approach) yaitu pada proses afektif. 2) Guru Sosiologi Kelas X IPS SMA Negeri 4 Padang masih mengandalkan satu sumber belajar yaitu buku pelajaran, guru cenderung menunggu dari pihak sekolah untuk mendapatkan sumber-sumber belajar terkait. 3) guru Sosiologi kelas X IPS SMA Negeri 4 Padang tidak efektif dan juga tidak konsisten dalam memberikan peluang kepada siswa dalam melakukan pendekatan ilmiah (scientific approach) dalam proses pembelaran.