Pengaruh Metode Resitasi Dalam Pembelajaran Sosiologi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Semester 2 Pokok Bahasan Pengendalian Sosial SMA N 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Meliya, Fitri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10826/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10826/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10826/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10826/4/10070236%20MELIYA%20FITRI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10826/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Sosiologi Siswa kelas X SMA N 1 Pancung Soal Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal ini disebabkan banyaknya siswa yang tidak memperhatikan kegiatan pembelajaran disaat guru menjelaskan materi pembelajaran ini karena metode pembelajaran yang terpusat kepada guru. Permasalahan dalam penelitian ini adalah ―Bagaimana pengaruh metode resitasi dalam pembelajaran Sosiologi terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Pancung Soal―. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar siswa di SMA N 1 Pancung Soal. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas X SMA N 1 Pancung Soal Tahun Pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel secara purposive sampling dan dipilih kelas X.7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal yang diujikan pada akhir penelitian. Perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas control digunakan teknik uji Z. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 71,21 dan rata-rata kelas kontrol 38,19. Pengujian hipotesis digunakan uji Z dengan bantuan SPSS versi 15.0, diperoleh nilai Z hitung 12,005 lebih besar dari harga Z tabel 2,056 yang berarti hipotesis yang diajukan diterima pada taraf nyata α = 0,05. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode resitasi dalam pembelajaran sosiologi terhadap hasil belajar Sosiologi Siswa pada kelas X SMA Negeri 1 Pancung Soal.