Strategi Belajar Anak Berprestasi Dari Keluarga Orang Tua Yang Bercerai Di Koto Panjang Kenegarian Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar

Main Author: Yeyes, Nita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10814/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10814/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10814/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10814/4/10070191%20YEYES%20NITA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10814/
Daftar Isi:
  • Skripsi mengaji tentang strategi belajar anak berprestasi dari keluarga orang tua yang bercerai di Koto Panjang Kenegarian Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Seharusnya dalam proses pembelajaran diperlukan bimbingan dan arahan yang lengkap dari kedua orang tuanya, namun akibat dari orang tuanya yang bercerai tersebut, maka banyak dari anak yang korban bercerai tidak mendapatkan kasih sayang dari kedua orang tuanya dan anaknya yang tidak sekolah, tapi tidak bagi anak-anak yang berprestasi dari keluarga bercerai yang penulis temukan di Koto Panjang Artinya mereka masih bisa mendapatkan prestasi meskipun dalam kondisi orang tuannya yang bercerai Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan strategi belajar anak berprestasi di Koto Panjang Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif, dimana pendekatan yang berusaha menjelaskan realitas sosial yang ingin diteliti secara mendalam dan menggunakan data kualitatif berupa kata-kata dan perbuatan. Informan penelitian ini adalah 7 orang anak yang berprestasi dari keluarga bercerai di Koto Panjang Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Pemilihan informan pada penelitian ini mengunakan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode Pegumpulan Data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, Studi Dokumentasi. Unit analisis adalah individu. Analisis data digunakan tiga tahap yaitu: 1) Reduksi data 2) Peyajian data 3) Penarikan kesimpulan atau Verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berbagai strategi yang dilakukan anak berprestasi untuk proses belajar seperti 1) Meminjam buku antara lain: kepada kakak senior, meminjam buku di perpustakaan, meminjam buku kepada teman beda sekolah, meminjam buku kepada guru, 2) Mengulang kembali pelajaran di rumah 3) Mencari bahan pelajaran dari internet 4) Membentuk kelompok belajar.