Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh asumsi dasar mengenai peran pendidikan anak pada perubahan stratifikasi sosial masyarakat di Jorong Pasar Usang Guguk Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Terkait dengan realitas di lapangan bahwa pendidikan sangat mempengaruhi kedudukan masyarakat Jorong Pasar Usang Guguk khususnya mereka yang berasal dari keluarga yang kurang mampu. Oleh karena itu, dapat dirumuskan permasalahan yaitu: bagaimana peran pendidikan anak pada perubahan stratifikasi sosial masyarakat di Jorong Pasar Usang Guguk Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pendidikan anak pada perubahan stratifikasi sosial masyarakat di Jorong Pasar Usang Guguk Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok pasca pendidikan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah fungsionalisme struktural (Robert K. Merton). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah masyarakat Jorong Pasar Usang Guguk yang kurang mampu yang mempunyai pendidikan, pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Informan dalam penelitian berjumlah delapan orang, dengan jenis data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, peran pendidikan anak ada perubahan stratifikasi sosial masyarakat di Jorong Parang Usang Guguk yaitu (1) meningkatkan ekonomi keluarga, (2) meningkatnya arti penting pendidikan bagi masyarakat sekitar, (3) mendapatkan prestise (penghargaan) dari masyarakat. Pendidikan yang tinggi akan mempengaruhi kedudukan seseorang dalam masyarakat, karena selain harta kekayaan pendidikan juga merupakan salah satu cara untuk meraih kedudukan atau strata tertinggi dalam masyarakat.