Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Praktik Lapangan (PL) Mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat Semester Ganjil 2013/2014 di MAS. TI Batang Kabung Kecamatan Koto Tangah Kota Padang
Main Author: | Nurjanah, Nurjanah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10775/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10775/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10775/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10775/4/10070071%20NURJANAH.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10775/ |
Daftar Isi:
- Di sekolah antara siswa dan guru selalu terjadi interaksi baik disaat pembelajaran berlangsung maupun diluar jam belajar, seharusnya interaksi itu terjalin dengan baik agar tercipta suasana pembelajaran yang menyenangkan. Namun realitias dilapangan ditemukan permasalahan yakni antara siswa dengan mahasiswa PL terlihat kurang berinteraksi dengan baik, dan siswa kurang menghargai mahasiswa PL hal ini terlihat disaat proses pembelajaran berlangsung dan diluar jam belajar mahasiswa PL kurang akrap dengan siswanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi siswa secara mendalam tentang pelaksanaan PL mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat semester ganjil 2013/2014 di MAS. TI Batang Kabung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pemelihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling, informan dalam penelitian ini berjumlah 19 siswa yaitu kelas X dan kelas XI kususnya kelas yang belajar dengan mahasiswa PL. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, sudi dokumentasi dan trianggulasi data. Analisis data penelitian ini dengan menggunakan interaktif oleh Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memiliki persepsi tentang pelaksanaan PL mahasiswa, yakni materinya susah dimengerti namun sebagian siswa menyatakan materi yang disampaikannya jelas dan mudah dipahami, metode pembelajaran seringnya ceramah dan tanya jawab. Pengelolaan kelasnya kurang bisa mengendalikan disiplin kelas, namun pada pembelajaran Biologi dan bahasa Inggris, disiplin kelas terjaga dan siswa jarang meribut. Media pembelajarannya bagus dan menarik tetapi jarang menggunakan media belajar. Pada pembelajaran Sosiologi, baik merespon siswa saat belajar, namun terkadang suasana belajarnya kurang menyenangkan. Pembelajaran Biologi, interaksi belajarnya kurang berjalan dengan baik dan suasana belajarnya kurang menyenangkan, terlihat sifatnya kurang bersahabat dengan siswa. Pembelajaran Matematika, suasana belajaranya kurang asik, jarang senyum dan sedikit pemarah. Pembelajaran bahasa Inggris, suasana belajarnya asik dan menyenangkan, baik kalau merespon siswa tetapi diluar jam belajar kurang dekat dengan siswa. Penilaian belajar telah dilaksanakan dengan baik. Penggunaan bahasanya masih kurang jelas dan kurang lancar saat menerangkan pelajaran.