Daftar Isi:
  • Permasalahan yang diteliti berdasarkan fenomena di lapangan yaitu merasa kebutuhan fisik tidak terpenuhi secara layak, merasa disia-siakan dan tidak diterima oleh siapapun termasuk orang tua mereka sendiri, merasa banyak dirintangi sehingga timbul ketidakpuasan, kecemasan dan kebencian terhadap nasib mereka sendiri dan mengakibatkan emosi yang tidak terkendali. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1) faktor internal yang mempengaruhi emosi peserta didik, 2) faktor eksternal yang mempengaruhi emosi peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII, VIII dan IX di SMP Negeri 26 Padang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster. Cluster yang berjumlah 85 orang. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data berupa angket. Untuk menganalisis data digunakan rumus Persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa faktor yang mempengaruhi emosi peserta didik di SMP Negeri 26 Padang secara umum faktor internal dari segi perubahan jasmani dengan kriteria banyak dengan responden sebesar (54,12%), dan faktor eksternal segi perubahan pola interaksi dengan orang tua dengan kriteria banyak dengan responden sebesar (64,71%), perubahan interaksi dengan teman sebaya dengan kriteria banyak dengan responden sebesar (71,76%), perubahan pandangan luar dengan kriteria banyak dengan responden sebesar (43,53%) dan perubahan interaksi dengan sekolah dengan kriteria banyak dengan responden sebesar (56,47%).