Pelayanan yang Dilakukan Guru BK dalam Meningkatkan Kesehatan Mental Peserta Didik Dilihat dari Aspek Pemahaman Diri (Studi terhadap Peserta Didik Kelas X di SMA Negeri 15 Padang)
Main Author: | Yuni, Ratna Sari Hasibuan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10770/3/10060199%20YUNI%20HASIBUAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10770/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10770/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10770/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10770/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peningkatan kondisi kesehatan mental peserta didik dilihat dari aspek pemahaman diri. Diharapkan melalui pelayanan yang dilakukan guru BK dalam meningkatkan kesehatan mental peserta didik dilihat dari aspek pemahaman diri, Dari berbagai macam penyebab mental yang tidak sehat dalam kesehatan mental berpengaruh pada kegiatan belajar serta hasil belajar peserta didik. yaitu; 1) Bentuk kesehatan mental peserta didik dilihat dari aspek pemahaman diri kelas X di SMA Negeri 15 Padang. 2) Bentuk pelayanan BK yang dilakukan dalam meningkatkan kesehatan mental peserta didik dilihat dari aspek pemahaman diri kelas X di SMA Negeri 15 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik propotional random sampling. Dengan jumlah populasi 283 orang peserta didik dan dijadikan sebagai responden 74 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sedangkan untuk analisis data digunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Bentuk kesehatan mental peserta didik dilihat dari aspek pemahaman diri kelas X di SMA Negeri 15 Padang berada pada kategori baik. 2) Bentuk pelayanan BK yang dilakukan dalam meningkatkan kesehatan mental peserta dilihat dari aspek pemahaman diri kelas X di SMA Negeri 15 Padang berada pada kategori sangat baik. Diharapkan agar peserta didik mampu menerima diri sendiri apa adanya, mampu menerima kelebihan dan kekurangan diri sendiri secara realistis, bertanggung jawab terhadap diri sendiri, menerima gagasan dan pendapat teman, dan memiliki sifat empati dan kepekaan sosial melalui layanan dan kegiatan pendukung Bimbingan dan Konseling agar tercapainya keefektifan dalam proses belajar peserta didik.