Upaya Guru Kelas dalam Membantu Peserta Didik yang Mengalami Kesulitan Belajar (Studi di SD N 07 Padang Panjang)
Main Author: | Yosita, Maulina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10768/1/10060095%20YOSITA%20MAULINA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10768/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10768/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10768/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10768/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ditemukannya kesulitan belajar peserta didik dalam tiga kemampuan dasar yang harus dikuasainya pada usia sekolah yang dapat menunjang kesuksesannya dalam pendidikan, kemampuan itu mencakup kesulitan membaca, menulis, dan berhitung, tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat upaya guru kelas dalam memberikan bantuan kepada peserta didik yang mengalami kesulitan belajar ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif yang menggambarkan tentang upaya guru kelas dalam membantu peserta didik yang mengalami kesulitan belajar di SD N 07 Padang Panjang. Informan kunci dalam penelitian ini adalah 3 orang guru kelas. Informan tambahan dalam penelitian ini adalah 3 orang peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. Instrumen yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam upaya guru kelas dalam membantu peserta didik berkesulitan belajar adalah dengan melakukan pengajaran remedial yang dilaksanakan melalui bimbingan khusus pada jam pulang sekolah, pengajaran dilakukan dengan menggunakan metode-metode khusus yang disesuaikan dengan jenis kesulitan belajar yang dialami peserta didik di SD N 07 Padang Panjang.