Penerapan Keterampilan Dasar dalam Konseling Kelompok oleh Guru BK di SMP Negeri 31 Padang
Main Author: | Yosi, Eka Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10767/2/10060016%20YOSI%20EKA%20PUTRI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10767/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10767/3/KESIMPULAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10767/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10767/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang diteliti berdasarkan fenomena di lapangan, yaitu bahwa dalam kegiatan konseling kelompok ditemukan guru BK masih ada yang belum menerapkan keseluruhan keterampilan dasar dalam pelaksanaan konseling kelompok, seperti mendengar aktif, refleksi, kontak mata, dorongan dan dukungan, yang membuat peserta didik sulit mengungkapkan masalahnya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Penerapan keterampilan mendengar aktif 2) Refleksi. 3) Mendorong dan mendukung. 4) Kontak mata dalam konseling kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 31 Padang konseling kelompok sebanyak 32 orang. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan untuk analisis data digunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Penerapan keterampilan mendengar aktif 2) Refleksi 3) Kontak mata 4) Mendukung dan mendorong oleh guru BK berada pada kriteria cukup baik.