Upaya Guru BK dalam Mengatasi Peserta Didik yang Berpacaran di Sekolah Melalui Layanan Konseling Perorangan di MAS TI Batang Kabung Padang
Main Author: | Yayuk, Oktarina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10764/3/10060072%20YAYUK%20OKTARINA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10764/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10764/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10764/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10764/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang berpacaran di sekolah yang memberikan pengaruh negatif bagi peserta didik. Peranan guru BK di sekolah sangatlah diperlukan untuk mengatasi hal tersebut. Penelitian ini ditunjukkan untuk melihat bagaimana upaya guru BK dalam mengatasi peserta didik yang berpacaran di sekolah, dengan fokus penelitian yaitu upaya guru BK dalam mengatasi peserta didik yang berpacaran di sekolah melalui layanan KP pada tahap pembinaan di MAS TI Batang Kabung Padang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui upaya guru BK dalam mengatasi peserta didik yang berpacaran di sekolah dilihat dari penerapan pendekatan, teknik dan asas-asas yang digunakan dalam tahap pembinaan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu menggambarkan gejala-gejala, fakta dan realita yang ada di lapangan apa adanya tentang upaya guru BK dalam mengatasi peserta didik yang berpacaran di sekolah melalui layanan KP. Adapun yang menjadi informan penelitian adalah: Guru BK dan peserta didik. Instrumen yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara dan studi dokumentasi, teknik yang digunakan dalam pengolahan data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil wawancara yang telah dianalisis mengungkapkan bahwa guru BK mengalami kendala dalam melaksanakan KP, salah satunya adalah tidak tersedianya ruangan khusus BK, pelaksanaan layanan KP belum optimal dalam mencapai sasaran layanan, sehingga proses pembinaan yang dilakukan belum efektif. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan kepada guru BK serta pihak terkait untuk bisa mengupayakan berbagai cara dalam mengatasi peserta didik yang berpacaran di sekolah agar terciptanya lingkungan sekolah yang kondusif bagi peserta didik.