Persepsi Peserta Didik Tentang Fungsi Komunikasi Guru BK dalam Menyelenggarakan Pelayanan Bimbingan dan Konseling
Main Author: | Weni, Mardelis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10756/1/10060063%20WENI%20MARDELIS.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10756/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10756/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10756/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10756/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum terlaksananya fungsi komunikasi dengan baik oleh guru BK sehingga pelayanan bimbingan dan konseling belum berjalan dengan baik. Guru BK belum bisa menciptakan komunikasi yang akrab dengan orang lain terutama dengan teman seprofesi, guru BK belum terampil berkomunikasi dalam menyelenggarakan pelayanan bimbingan dan konseling dan guru BK kurang terampil berkomunikasi dengan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik stratified random sampling.Penelitian ini mengambil peserta didik sebagai sampel penelitian yang dijadikan sebagai responden utama yang berjumlah 81 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sedangkan untuk analisis data digunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: kompetensi guru BK dalam berkomunikasi dalam menyelenggarakan pelayanan bimbingan dan konseling dilihat dari segi informasi, sosialisasi dan reaksi sebagian besar berada pada kategori kurang baik.