Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Karir Peserta Didik Kelas XII di SMK Negeri 1 Painan
Main Author: | Syefni, Liliawati. D |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10752/1/10060022%20SYEFNI%20LILIAWATI.%20D.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10752/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10752/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10752/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10752/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh faktor yang mempengaruhi perkembangan karir, bahwa adanya peserta didik yang belum dapat merencanakan masa depannya serta menentukan karir dan kehidupan yang serasi atau sesuai, yang belum bisa memahami dan menilai dirinya sendiri, belum mengetahui berbagai jenis pekerjaan yang berhubungan dengan potensi yang ada dalam dirinya, masih bingung dalam pemilihan karir setelah tamat. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan: 1) Faktor internal yang mempengaruhi perkembangan karir peserta didik. 2) Faktor eksternal yang mempengaruhi perkembangan karir peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi nya adalah semua peserta didik kelas XII berjumlah 320 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini mengambil peserta didik sebagai sampel penelitian yang dijadikan sebagai responden utama yang berjumlah 76 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sedangkan untuk analisis data digunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) faktor internal yang mempengaruhi perkembangan karir peserta didik. 2) faktor eksternal yang mempengaruhi perkembangan karir peserta didik. Faktor internal yang mempengaruhi perkembangan karir peserta didik berada pada kategori banyak, dan faktor eksternal yang mempengaruhi perkembangan karir peserta didik berada pada kategori banyak, dari responden hasil penelitian ini merekomendasikan kepada peserta didik agar bisa mengetahui faktor yang mempengaruhi perkembangan karir dan mengembangkan potensi yang dimilikinya, guru BK agar dapat memberikan pelayanan bimbingan karir yang efektif.