Masalah Hubungan Sosial Peserta Didik Kelas Tinggi dan Peran Guru Kelas dalam Mengatasinya di SD N 11 Kayu Tanam Kabupaten Padang Pariaman
Main Author: | Sri, Rahma Deni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10746/2/10060078%20SRI%20RAHMA%20DENI_compressed.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10746/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10746/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10746/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10746/ |
Daftar Isi:
- Anak yang berada dalam usia Sekolah Dasar (SD) mereka menampilkan kemampuan atau tingkah laku yang lebih matang dibandingkan dengan anak usia prasekolah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan masalah hubungan sosial peserta didik di Sekolah Dasar (2) Mendeskripsikan peran guru kelas dalam mengatasi permasalahan hubungan sosial peserta didik. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif yaitu untuk mendeskripsikan masalah hubungan sosial peserta didik kelas tinggi dan peran guru kelas dalam mengatasinya di SD N 11 Kayu Tanam Kabupaten Padang Pariaman. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV dan V dan sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 62 orang. Pengumpulan data menggunakan angket, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik statistik untuk mencari skor mean, standar deviasi, dan persentase. Untuk melihat masalah hubungan sosial peserta didik kelas tinggi dan peran guru kelas dalam mengatasinya digunakan teknik Pearson Product Moment Correlation melalui program Microsoft Exel 2007 dan Program SPSS Versi 16. Temuan penelitian menunjukkan bahwa masalah hubungan sosial peserta didik terkait dalam aspek permasalahan penyesuaian dengan teman sebaya tergolong bermasalah dan peran guru kelas dalam mengatasi hubungan sosial peserta didik berkaitan dengan aspek mempertahankan perilaku siswa yang sesuai dikategorikan bahwa peran guru sudah cukup baik. Peneliti menyarankan kepada peserta didik agar dapat memperbaiki hubungan sosial dengan teman sebaya, bagi peneliti sendiri agar bisa menjadi bahan masukan dan menambah wawasan tentang masalah hubungan sosial peserta didik dan peran guru kelas dalam mengatasinya.