Masalah Belajar Peserta Didik yang Tidak Tinggal dengan Orang Tua (Suatu Kajian di SMA Negeri 1 Rao Kab. Pasaman)
Main Author: | Silvia, Rina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10741/1/10060102%20SILVIA%20RINA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10741/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10741/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10741/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10741/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah belajar peserta didik yang tidak tinggal dengan orang tua.Berdasarkan hasil observasi bahwa masih banyak ditemukan masalah dalam belajar, seperti adanya peserta didik yang melamun, meribut, absen tanpa keterangan, dan adanya peserta didik yang tidak bisa berkonsentrasi saat berlangsungnya PBM di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan populasi seluruh peserta didik yang tidak tinggal dengan orang tua berjumlah 54 orang. Penarikan sampel menggunakan teknik total sampling, alat yang digunakan untuk pengumpulan data berupa angket. Sedangkan analisis data menggunakan rumus %. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Dilihat dari faktor internal berada pada kategori sedikit. 2. Dilihat dari faktor eksternal berada pada kategorisangat sedikit. Berdasarkan dua faktor tersebut, maka secara umum peserta didik tidak memiliki masalah belajar meskipun tidak tinggal dengan orang tua, dan ada juga beberapa peserta didik yang bermasalah dalam belajarnya.