Pengentasan Perilaku Agresi Peserta Didik melalui Layanan Bimbingan Kelompok oleh Guru BK di SMP Negeri 25 Padang (Studi terhadap Guru BK dan Peserta Didik yang Telah Melaksanakan Kegiatan Bimbingan Kelompok di Kelas VIII SMP Negeri 25 Padang)

Main Author: Sari, Guciani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10735/1/10060142%20SARI%20GUCIANI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10735/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10735/3/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10735/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10735/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena perilaku peserta didik di Sekolah dewasa ini seperti tawuran, perkelahian peserta didik di dalam kelas, perilaku menyimpang sehingga pencapaian hasil belajar peserta didik tidak memuaskan, tidak lulus Ujian Nasional (UN) dan lain sebagainya. Hal ini, mengindikasikan perlu adanya upaya pendekatan selain proses pembelajaran guna memecahkan berbagai masalah tersebut. Upaya tersebut adalah melalui pendekatan bimbingan dan konseling yang dilakukan di luar situasi proses pembelajaran yaitu melaksanakan kegiatan layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan: 1) pengentasan perilaku agresi peserta didik melalui layanan bimbingan kelompok dilihat dari pelaksanaan bimbingan kelompok. 2) pengentasan perilaku agresi peserta didik melalui layanan bimbingan kelompok dilihat dari manfaat layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu menggambarkan gejala-gejala, fakta dan realita yang ada di lapangan apa adanya tentang pengentasan perilaku agresi peserta didik melalui layanan bimbingan kelompok. Adapun yang menjadi informan penelitian berjumlah 6 orang yaitu informan kunci guru BK 2 orang dan informan tambahan peserta didik 4 orang. Instrumen yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara. Teknik yang digunakan dalam pengolahan data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Guru BK dalam mengentaskan perilaku agresi peserta didik telah melaksanakan kegiatan bimbingan kelompok dengan baik sesuai dengan tahap-tahap kegiatan bimbingan kelompok. 2) Manfaat dari kegiatan bimbingan kelompok adanya perubahan perilaku peserta didik ke arah yang lebih baik, peserta didik juga senang mengikuti kegiatan bimbingan kelompok. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan kepada guru BK serta pihak terkait untuk bisa mengatasi perilaku agresi peserta didik melalui layanan bimbingan kelompok.