Penerapan Kompetensi Guru BK oleh Guru Muda dalam Melaksanakan Praktikum Pengalaman Lapangan Sekolah (Studi terhadap Mahasiswa PPLBK Sekolah Angkatan 2010 STKIP PGRI Sumatera Barat)

Main Author: Ricky, Handoko
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10723/1/10060198%20RICKY%20HANDOKO.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10723/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10723/3/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10723/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10723/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa guru muda yang berpenampilan tidak rapi, ada guru muda yang marah-marah saat di dalam kelas, ada guru muda yang tidak serius dalam memberikan materi layanan, ada guru muda yang tidak tepat waktu datang ke sekolah, ada guru muda yang merokok di sekitar lingkungan sekolah, ada guru muda yang kebingungan dalam membuat RPL, ada guru muda yang tidak membuat program layanan, ada guru muda yang tidak mengenal peserta didiknya. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan: 1) Penerapan kompetensi pedagogis oleh guru muda. 2) Penerapan kompetensi kepribadian oleh guru muda. 3) Penerapan kompetensi sosial oleh guru muda. 4) Penerapan kompetensi profesional oleh guru muda. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi seluruh mahasiswa BK 2010 yang telah selesai melaksanakan PPLBK Sekolah pada tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 197 orang dan sampel 66 orang. Penarikan sampel menggunakan teknik sampling insidental. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data berupa angket. Untuk menganalisis data penerapan kompetensi guru BK oleh guru muda dengan menggunakan teknik analisis persentase. Hasil analisis data diperoleh bahwa: (1) Penerapan kompetensi pedagogik berada pada kategori diterapkan. (2) Penerapan kompetensi kepribadian berada pada kategori diterapkan. (3) Penerapan kompetensi sosial berada pada kategori diterapkan. (4) Penerapan kompetensi profesional berada pada kategori diterapkan. Jadi berdasarkan hasil penelitian secara umum penerapan kompetensi guru BK oleh guru muda sudah diterapkan dengan baik oleh guru muda angkatan 2010 STKIP PGRI Sumatera Barat. Hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru muda, mahasiswa program studi BK, pengelola program studi BK, dan peneliti selanjutnya.