Faktor Penyebab Perilaku Membolos Peserta Didik dan Upaya Guru BK dalam mengatasinya Studi Terhadap Peserta Didik di SMA Negeri 1 Kota Solok
Main Author: | Ria, Permata Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10717/1/10060246%20RIA%20PERMATA%20SARI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10717/2/ABSTRAK1.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10717/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10717/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10717/ |
Daftar Isi:
- Fenomena di lapangan yang peneliti lihat di sekolah yaitu masih ada peserta didik yang membolos sekolah dan berada di luar lingkungan sekolah pada saat jam belajar sedang berlangsung. Dengan melihat kondisi yang demikian maka peneliti mengangkat permasalahan ini penelitian tentang: Apa saja faktor penyebab perilaku membolos peserta didik dan upaya Guru BK mengatasinya di SMA Negeri 1 Kota Solok berdasarkan faktor internal dan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Faktor penyebab perilaku membolos peserta didik secara internal, 2) Faktor penyebab perilaku membolos peserta secara eksternal dan 3) Upaya Guru BK mengatasi perilaku membolos peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah 5 orang peserta didik, 4 orang Guru BK dan 5 orang tua peserta didik. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara. Keakuratan data diuji dengan menggunakan triangulasi data, dari data yang terkumpul dianalisis dengan model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Faktor penyebab perilaku membolos secara internal adalah tidak ada motivasi, minat dalam diri peserta didik dan adanya gangguan fisiologis yang mengganggu keadaan peserta didik dalam belajar, 2) Faktor eksternal yang menyebabkan peserta didik membolos adalah karena orang tua yang tidak mengontrol peserta didik, faktor sekolah yang mempengaruhi perilaku membolos peserta didik adalah karena Guru yang mengajar dengan metode mengajar yang tidak menarik dan susah dimengerti sehingga peserta didik tidak mau untuk belajar, sedangkan faktor lingkungan masyarakat yang mempengaruhi peserta didik membolos karena perilaku di masyarakat yang mengganggu belajar peserta didik. 3) Upaya yang dilakukan oleh Guru di SMA Negeri 1 Kota Solok dalam mengatasi perilaku membolos peserta didik adalah mengamati perilaku peserta didik yang membolos, menjalin kerjasama dengan pihak sekolah, memeberikan layanan dan surat pemanggilan orang tua. Saran agar dapat menyadari bahwa perilaku membolos dapat merugikan diri, orang tua dan masyarakat.