Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan pembelajaran diterapkan guru yang cendrung menggunakan metode ceramah, diskusi dan demontrasi, pembelajarannya masih berpusat pada guru dan pada saat proses pembelajaran berlangsung belum semua siswa yang terlibat dalam proses pembelajaran yang ditandai dengan kurangnya interaksi antara siswa dan siswa, dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP PGAI Padang yang masih di bawah KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah, yaitu 78. Untuk mengatasi masalah yang ditemukan, guru diharapkan dapat menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar pada ranah afektif, kognitif dan psikomotor siswa kelas VIII SMP PGAI Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Postest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PGAI Padang yang terdaftar di semester I tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dengan menggunakan total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah ranah afektif adalah observasi sikap, pada ranah kognitif adalah berupa tes akhir penelitian, dan psikomotor penilaian produk. Analisis data yang digunakan pada ranah menggunakan uji-t pada ranah afektif, kognitif dan psikomotor dengan taraf (α = 0,05). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan rata-rata penilaian afektif siswa pada kelas eksperimen 73,72 dan kelas kontrol 76,70 setelah dilakukan pengujian dengan uji-t didapatkan harga thitung -0,64 hipotesis ditolak. Kognitif pada kelas eksperimen 78,72 sedangkan rata-rata tes hasil belajar pada kelas kontrol 75,30, setelah dilakukan pengujian dengan uji-t didapatkan harga thitung 1,97 hipotesis diterima. Psikomotor yang ditunjukkan pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 66,99 dan kelas kontrol 66,94 setelah dilakukan pengujian dengan uji-t didapatkan harga thitung 0,01 hipotesis ditolak. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) tidak berpengaruh terhadap hasil belajar biologi pada ranah afektif dan psikomotor dan pada ranah kognitif berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP PGAI Padang.