Pelaksanaan Pembelajaran Remedial Mata Pelajaran Sosiologi di SMA N 1 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar
Main Author: | Yofi, Anita Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10695/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10695/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10695/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10695/4/09070239%20YOFI%20ANITA%20PUTRI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10695/ |
Daftar Isi:
- Pokok persoalan yang dikaji dalam skripsi ini adalah Proses Pelaksanaan Remedial Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 1 Lintau Buo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Faktor penyebab tingginya jumlah siswa yang mengikuti program remedial pada pelajaran sosiologi, (2) Siapa saja siswa yang mengikuti program remedial, (3) Proses pelaksanaan remedial dan kendala-kendala yang dihadapi siswa dan guru. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif di SMAN 1 Lintau Buo. Pemilihan informan penelitian ini dilakukan dengn cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik wawancara dan observasi. Untuk menguji keabsahan data digunakan teknik trianggulasi melalui beberapa tahap, yaitu: Tahap pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data, dan proses penarikan kesimpulan. Berdasakan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Faktor penyebab tingginya jumlah siswa yang mengikuti program remedial adalah: (a) Faktor dari dalam diri siswa yang menganggap pelajaran sosiologi tidak menyenangkan dan sulit dipahami. (b) Faktor kurangnya fasilitas penunjang dalam pelajaran sosiologi, (c) faktor dari guru. (2) Penjelasan siapa saja yang membutuhkan remedial, dan (3) Penjelasan tentang langkah-langkah remedial, penilaian dan kendala – kendala yang dihadapi oleh siswa dan guru dalam pembelajaran.