Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Kebiasaan Belajar Anak Kelas Tinggi di SD 16 Luhak Nan Duo Desa Sariak Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat (Studi Terhadap Orang Tua yang Memiliki Anak Usia SD)
Main Author: | Rahayu, Fitri Yanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10694/1/10060244%20RAHAYU%20FITRI%20YANTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10694/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10694/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10694/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10694/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya orang tua yang belum maksimal menjalankan perannya dalam mengembangkan kebiasaan belajar anaknya dan adanya nilai anak yang kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan: 1) peran orang tua dalam melengkapi fasilitas belajar anak, 2) peran orang tua dalam mengembangkan kebiasaan belajar anak tentang kemandirian dalam belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas tinggi yang menjalani proses pendidikan di SD 16 Luhak Nan Duo dengan jumlah 101 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling jumlah sampel 50 orang. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) peran orang tua dalam melengkapi fasilitas belajar berada pada kriteria baik meliputi: a) menyediakan tempat belajar, b) menyediakan peralatan belajar, c) melengkapi biaya dan transportasi. 2) peran orang tua dalam memandirikan belajar anak berada pada kriteria cukup baik meliputi: a) mendampingi anak saat belajar, b) menyediakan waktu untuk mendampingi anak dalam belajar, pada kriteria baik meliputi: c) membantu membahas materi yang sulit, d) mengontrol waktu dan cara belajar, pada kriteria sangat baik meliputi: e) suasana rumah yang tenang pada saat belajar, f) menjalin komunikasi dengan anak. Berdasarkan temuan penelitian ini direkomendasikan kepada pihak yang terkait yaitu orang tua dan peserta didik untuk dapat meningkatkan dan mempertahankan peran dalam mengembangakn kebiasaan belajar sehingga anak terus mendapatkan nilai yang memuaskan dalam belajar.