Faktor yang Mempengaruhi Penyesuaian Diri Peserta Didik Kelas XI di MAN Salido Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Puja, Warer |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10687/2/10060150%20PUJA%20WARER.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10687/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10687/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10687/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10687/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang kurang mampu melakukan penyesuaian diri, yaitu masih terlihat peserta didik yang memiliki postur badan yang pendek dijauhi oleh teman-temannya, peserta didik yang mempunyai warna kulit yang hitam sulit mendapatkan teman, peserta didik kurang memiliki rasa percaya diri dalam membina hubungan sosial dengan temannya, peserta didik bersifat individual, peserta didik kurang menghargai temannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri peserta didik dilihat dari kondisi fisik. 2) Faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri peserta didik dilihat dari kepribadian. 3) Faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri peserta didik dilihat dari pendidikan. 4) Faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri peserta didik dilihat dari lingkungan. Jenis penelitian ini tergolong penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah semua peserta didik kelas XI yang berjumlah 242 orang. Penelitian ini menggunakan penarikan sampel secara proportional random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 71 orang. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data berupa angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan perumusan kriterium Sturgess dan teknik analisis persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri peserta didik dilihat dari kondisi fisik berada pada kategori cukup banyak. 2) Faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri peserta didik dilihat dari kepribadian berada pada kategori banyak. 3) Faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri peserta didik peserta didik dilihat dari pendidikan berada pada kategori cukup banyak. 4) Faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri peserta didik dilihat dari lingkungan berada pada kategori cukup banyak.