Profil Penyesuaian Diri Peserta Didik dalam Mengendalikan Emosi di Lingkungan Sekolah kelas XI SMA PGRI I Padang
Main Author: | Nila, Wati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10674/2/10060024%20NILA%20WATI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10674/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10674/3/KESIMPULAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10674/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10674/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi, oleh kondisi yang ditemui di lapangan bahwapeserta didik yang mudah marah sehingga berujung dengan perkelahian, peserta didik yang suka mengganggu temannya, peserta didik selalu membenarkan diri sendiri dan peserta didik yang merasa tidak betah dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1)Profil penyesuaian diri peserta didik dalam mengendalikan emosi secara positif, 2) Profil penyesuaian diri peserta didik dalam mengendalikan emosi secara negatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X1 di SMA PGRI I Padang, yaitu sebanyak 220 peserta didik, Teknik yang dipakai dalam pengambilan sampel adalah profesional random sampling. Sampel diambil sebanyak 69 orang peserta didik yang berada di kelas XI. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan untuk analisis data digunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Profil penyesuaian diri peserta didik dalam mengendalikan emosi di lingkungan sekolah secara positif berada dalam kategori cukup baik, 2) Profil penyesuaian diri peserta didik dalam mengendalikan emosi di lingkungan sekolah secara negatif berada pada kategori cukup baik.Hasil penelitian ini merekomendasikan kepada peserta didik agar dapat menyesuaiakan diri dalam mengendalikan emosi secara optimal dengan cara mengontrol sikap dan tindakan.