Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang tidak disiplin terhadap aturan dan tata tertib sekolah. Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan usaha apa saja yang dilakukan oleh guru BK untuk meningkatkan disiplin peserta didik di SMA Pertiwi 2 Padang dengan fokus penelitian yaitu upaya guru BK meningkatkan disiplin peserta didik melalui layanan konseling perorangan melalui: 1) Penyusunan program, 2) Pelaksanaan program, 3) Evaluasi pelaksanaan program. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu menggambarkan gejala-gejala, fakta dan realita yang ada di lapangan apa adanya. Adapun yang menjadi informan kunci adalah tiga orang guru BK dan informan tambahan adalah dua orang guru mata pelajaran dan dua orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, teknik yang digunakan dalam pengolahan data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan upaya guru BK meningkatkan disiplin peserta didik melalui layanan konseling perorangan melalui: 1) Penyusunan program yaitu asesmen lingkungan kurang baik karena ruang BK kecil dan panas dan asesmen kebutuhan atau masalah peserta didik adanya peserta didik yang melanggar aturan sekolah seperti datang terlambat, 2) Pelaksanaan program dilihat dari pelayanan dasar yaitu manajemen waktu, pelayanan responsif melalui layanan informasi dan bekerja sama dengan pihak terkait dan perencanaan individual melalui konseling perorangan, 3) Evaluasi pelaksanaan program melalui penilaian proses dengan menetapkan komitmen dan penilaian hasil melalui wawancara dan laiseg. Bedasarkan hasil penelitian direkomendasikan kepada guru BK serta pihak terkait untuk bisa mengatasi hambatan yang ditemui supaya program dan kegiatan pelayanan BK bisa berjalan seoptimal mungkin.