Daftar Isi:
  • Guru adalah orang yang memiliki pekerjaan sebagai pendidik atau sebagai pengajar yang menjalankan tugas untuk mendidik atau mengajar orang lain dengan berbagai ilmu pengetahuan. Namun dampak profesi guru sebagai pendidik tidak terlihat pada sebahagian anak-anaknya, dimana mereka sering berbuat dan melakukan atau bertingkah laku yang kurang baik sebagai seorang siswa, antara lain adalah; membolos, tidak mengerjakan tugas, membuat keonaran, dan lain sebagainya yang mengarah kepada kurangnya disiplin, tanggung jawab, sopan santun sebagai seorang siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah, mendeskripsikan dampak profesi guru terhadap tingkah laku anak di SMA Negeri 10 Batanghari Kabupaten Batanghari. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori fungsionalisme struktural. Teori ini mempelajari dampak atau fungsi struktur dan pranata sosial dalam hidup bermasyarakat yang teratur dan stabil. Tiap fenomena sosial mempunyai akibat objektif, baik positif maupun negatif. Penelitian ini dikategorikan ke dalam jenis pendekatan penelitian kualitatif. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Adapun jumlah informan sebanyak 23 orang terdiri dari 12 orang siswa, dan 11 orang orang tua, dengan kriteria informan; 1) siswa yang orang tuanya berprofesi sebagai guru, dan 2) orang tua perempuan siswa yang berprofesi sebagai guru. Data yang ingin dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang diperoleh melalui metode pengumpulan data berupa hasil wawancara. Unit analisis yaitu kelompok dengan analisis data yang terdiri dari tahap reduksi, penyajian data/analisis data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dampak profesi guru terhadap tingkah laku anak antara lain: 1) dampak positif dari profesi guru terhadap tingkah laku anak, dimana guru yang merupakan profesi untuk mendidik atau mengajar seseorang akan memberikan dampak yang baik di rumah, seperti: a) membentuk perilaku anak, b) membantu kesulitan anak dalam belajar, dan c) menjadikan anak lebih rajin dalam belajar. 2) Dampak negatif dari profesi guru terhadap tingkah laku anak, adalah berkurangnya waktu untuk berkomunikasi atau berkumpul dengan anak-anaknya, serta anak akan merasa tertekan dengan predikatnya sebagai anak guru di sekolah yang akan berakibat pada perilaku anak seperti: a) bolos sekolah dan b) malas belajar.