Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan layanan informasi tentang perilaku moral yang belum maksimal seperti mencoret dinding sekolah, berkata tidak jujur, kurang bertanggung jawab, sering terlambat datang ke sekolah, kurangnya sopan santun, berkata kasar baik kepada teman maupun kepada guru, makan di kantin pada saat proses belajar berlangsung, sering berkata kasar kepada temannya, dan main handphone ketika layanan diberikan. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan yaitu; 1) Pelaksanaan layanan informasi dalam merubah perilaku moral peserta didik oleh guru BK terkait dengan perencanaan. 2) Pelaksanaan layanan informasi dalam merubah perilaku moral peserta didik oleh guru BK terkait dengan pelaksanaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi semua peserta didik kelas VIII 211 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini mengambil peserta didik sebagai sampel penelitian yang dijadikan sebagai responden utama yang berjumlah 68 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sedangkan untuk analisis data digunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Pelaksanaan layanan informasi dalam merubah perilaku moral peserta didik oleh guru BK terkait dengan perencanaan berada pada kategori sangat baik dari responden. 2) Pelaksanaan layanan informasi dalam merubah perilaku moral peserta didik oleh guru BK terkait dengan pelaksanaan berada pada kategori baik dari responden. Hasil penelitian ini merekomendasikan bahwa perlu adanya perencanaan dan pelaksanaan layanan informasi yang efektif untuk merubah perilaku moral peserta didik.