Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Peserta Didik yang Memperoleh Hasil Belajar Rendah dan Upaya Guru BK dalam Mengatasinya di SMA NEGERI 1 Air Haji Pasaman Barat
Main Author: | Khoiro, Khoiro |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10644/1/10060082%20KHOIRO.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10644/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10644/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10644/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10644/ |
Daftar Isi:
- Hasil belajar peserta didik dipengaruhi faktor internal dan faktor eksternal. Berdasarkan fenomena maka peneliti mengangkat permasalahan penelitian tentang: faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik yang memperoleh hasil belajar rendah. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) Faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik yang memperoleh hasil belajar rendah, (2) Faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik yang memperoleh hasil belajar rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X, XI, XII yang berjumlah 205 peserta didik dan untuk pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yang diambil dari keseluruhan peserta didik yang memperoleh hasil belajar rendah. Sampel adalah kelas X, XI berjumlah 44 orang. Instrumen penelitian adalah angket, untuk analisis data digunakan teknik persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: Faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian berdasarkan subvariabelnya, yaitu 1) faktor internal (a) kesehatan peserta didik dikategorikan berpengaruh (b) minat belajar peserta didik dikategorikan kurang berpengaruh (c) motivasi belajar dikategorikan cukup berpengaruh (d) kesiapan belajar dikategorikan cukup berpengaruh 2) faktor eksternal (a) sarana pembelajaran dikategorikan cukup berpengaruh (b) peraturan sekolah dikategorikan berpengaruh (c) perhatian orangtua diktegorikan cukup berpengaruh (d) pergaulan di masyarakat dikategorikan cukup berpengaruh 3) upaya guru BK mengatasinya, (a) layanan informasi dikategorikan baik (b) layanan penguasaan konten dikategorikan baik (c) layanan konseling perorangan dikategorikan cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan bahwa peserta didik dapat belajar dengan baik dalam proses belajar mengajar dan bisa memelihara dan meningkatkan belajar supaya lebih baik lagi untuk ke depannya.