Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pola asuh orang tua dengan hasil belajar peserta didik di kelas XI SMA Negeri 11 Padang, dilihat dari: (1) pola asuh orang tua peserta didik. (2) hasil belajar peserta didik. (3) Hubungan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 11 Padang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif korelasional yang berusaha menggambarkan atau melukiskan keadaan objek penelitian pada saat sekarang ini. Berdasarkan fakta-fakta yang tampak dan sebagaimana adanya kemudian dicari hubungannya. Populasi peserta didik kelas XI SMA Negeri 11 Padang yang berjumlah 234 orang dan sampel 70 orang. Penarikan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data berupa angket dan nilai rapor. Untuk menganalisis data pola asuh orang tua dan data hasil belajar peserta didik dengan menggunakan teknik analisis persentase, sedangkan pengujian hipotesis untuk melihat hubungan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment Correlation, perhitungannya menggunakan jasa komputer dengan bantuan program Microsoft Excel dan program SPSS versi 16.0. Hasil analisis data diperoleh: (1) pola asuh orang tua berada pada kategori kurang baik. (2) hasil belajar peserta didik peserta didik berada pada kategori tinggi. (3) Hubungan pola asuh orang tua dengan hasil belajar peserta didik didapatkan rhitung 0,299> rtabel 0,235 Pada df 68 dengan taraf signifikan 0,01 (sig<0,05) dengan korelasi yang lemah. Jadi berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 11 Padang.