Upaya Guru BK dalam Mengatasi Peserta Didik yang Under Achiever di SMP Negeri 12 Padang
Main Author: | Gusri, Defriani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10637/1/10060220%20GUSRI%20DEFRIANI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10637/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10637/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10637/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10637/ |
Daftar Isi:
- Upaya guru BK dalam mengatasi peserta didik under achiever sangat penting untuk dilakukan agar peserta didik under achiever mendapatkan hasil belajar yang sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Kenyataan dilapangan ditemukan masih ada guru BK yang belum melakukan upaya mengatasi peserta didik yang under achiever dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Upaya guru BK dalam memahami peserta didik under achiever berdasarkan faktor internal, 2) Upaya guru BK dalam memahami peserta didik under achiever berdasarkan faktor eksternal, 3) Upaya guru BK dalam mengatasi peserta didik under achiever. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu menggambarkan gejala, fakta dan realita yang ada di lapangan apa adanya tentang upaya guru BK dalam mengatasi peserta didik yang under achiever di SMP Negeri 12 Padang. Informan kunci dan informan tambahan dalam penelitian ini adalah 3 orang guru BK dan 2 orang wali kelas. Instrumen yang peneliti gunakan adalah pedoman wawancara, teknik yang digunakan dalam pengolahan data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa upaya guru BK dalam mengatasi peserta didik yang under achiever belum dilakukan dengan maksimal. Hal ini dilihat dari: 1) Upaya guru BK dalam memahami peserta didik under achiever berdasarkan faktor internal sudah dilakukan akan tetapi belum maksimal. 2) Upaya guru BK dalam memahami peserta didik under achiever berdasarkan faktor eksternal sudah dilakukan dengan maksimal. 3) Upaya guru BK dalam mengatasi peserta didik under achiever sudah dilakukan akan tetapi belum maksimal. Maka dapat dsimpulkan bahwa upaya guru BK dalam mengatasi peserta didik yang under achiever belum dilakukan dengan maksimal.