Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini didasarkan atau dilatar belakangi oleh peserta didik yang senang mencari perhatian kepada guru dan teman-teman di sekolah, yang senang menyendiri dan melamun, hubungan peserta didik dengan guru kurang baik, tidak mengetahui bakat akademik yang dimilikinya, menurunnya prestasi belajar peserta didik, tidak minat dalam belajar adanya peserta didik yang merasa minder yang dipandang sebelah mata oleh guru. Tujuan penelitian ini: 1) faktor internal, dan faktor eksternal yang mempengaruhi harga diri peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 810 orang peserta didik, sementara yang dijadikan sampel sebanyak 102 orang peserta didik. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada peserta didik. Analisis data dengan menggunakan rumus persentase. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa faktor internal tergolong kategori sangat banyak dan faktor eksternal tergolong kategori banyak yang mempengaruhi harga diri peserta didik di SMP Negeri 10 Padang. Dari penelitian yang telah dilakukan terkait faktor yang mempengaruhi harga diri peserta didik, terlihat bahwa faktor internal yang mempengaruhi harga diri peserta didik berada pada kategori sangat banyak, sedangkan faktor eksternal berada pada kategori banyak. Penelitian ini ditujukan kepada peserta didik agar peserta didik dapat mengembangkan harga diri kearah yang positif baik dari intelegensi, kondisi fisik, jenis kelamin, lingkungan keluarga maupun lingkungan sosial.