Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya guru BK belum berhasil mengembangkan hubungan sosial peserta didik diklat. Adanya peserta didik diklat tidak peduli terhadap orang-orang yang ada di lingkungannya, yaitu teman sebaya kepada guru mata pelajaran pun mereka tidak mau peduli. Ketika anak-anak ini tidak sedang melaksanakan latihan keolahragaan atau belajar mereka lebih memilih sibuk dengan kegiatannya masing-masing, misalnya main-main Handphone, laptop dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: upaya guru BK dalam mengembangkan hubungan sosial peserta didik diklat dengan teman sebaya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI dan XII SMA Negeri 5 Padang tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 67 orang peserta didik. Pengambilan dilkukan dengan teknik total sampling. Alat untuk mengumpulkan data adalah angket, dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa upaya guru BK dalam mengembangkan hubungan sosial peserta didik diklat di SMA Negeri 5 Padang dengan teman sebaya adalah: 1) memberikan bimbingan tentang keterampilan-keterampilan sosial berada pada kategori sangat baik 2) memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk aktif dalam kegiatan kelompok berada pada kategori baik 3) membimbing peserta didik tentang hidup demokratis berada pada kategori baik 4) mendiskusikan masalah peranan pria dan wanita dalam masyarakat berada pada kategori baik 5) mendorong peserta didik untuk mau membaca literatur tentang pria dan wanita berada pada kategori baik 6) menugaskan peserta didik untuk mengamati kehidupan sosial berada pada kategori sangat baik. Saran agar guru BK dapat meningkatkan hubungan sosial peserta didik diklat menjadi lebih baik lagi kedepannya.