Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertitik tolak pada kecemasan yang di alami oleh peserta didik berkaitan dalam merencanakan arah karir. Kesalahan dan kekeliruan dalam mengambil keputusan tentang pendidikan lanjutan yang akan dijalaninya memiliki dampak yang tidak baik dalam menentukan arah pilihan jabatan dan memperoleh lapangan kerja di masa depan. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan, yaitu: 1) Profil kecemasan peserta didik dalam merencanakan arah karir dilihat dari gejala fisik dan 2) Profil kecemasan peserta didik dalam merencanakan arah karir dilihat dari gejala psikis. Jenis penelitian ini digolongkan pada penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi seluruh peserta didik kelas X di SMA Negeri 4 Padang tahun ajaran 2014-2015 dengan jumlah 252 peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 72 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sedangkan untuk analisis data dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa secara umum profil kecemasan peserta didik dalam merencanakan arah karir, yaitu 54.17% berada pada kriteria sangat tinggi. Hasil penelitian berdasarkan sub variabelnya, yaitu : 1) Profil kecemasan peserta didik dalam merencanakan arah karir yang dilihat dari gejala fisik, yaitu 45.83% berada pada kriteria tinggi dan 2) Profil kecemasan peserta didik dalam merencanakan arah karir dilihat dari gejala psikis, yaitu 61.11% berada pada kriteria tinggi. Berdasarkan penelitian ini peneliti menyarankan kepada peserta didik agar lebih banyak mencari berbagai informasi mengenai arah karir. Sehingga dalam merencanakan arah karir peserta didik tidak merasa cemas seperti yang dirasakannya sekarang.