Hambatan Mahasiswa BK 2010 STKIP PGRI Sumatera Barat dalam Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan Bimbingan dan Konseling (PPLBK) Sekolah

Main Author: Dewi, Puspa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10617/2/10060156%20%20DEWI%20PUSPA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10617/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10617/3/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10617/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hambatan yang dialami mahasiswa praktik dalam melaksanakan PPLBK Sekolah. Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan di STKIP PGRI Sumatera Barat pada tanggal 15 Januari 2014 bahwa masih ada mahasiswa yang mengalami hambatan pribadi dan sosial dalam pelaksanaan PPLBK Sekolah, terlihat dari adanya masalah-masalah yang dialami oleh mahasiswa seperti ada mahasiswa yang mudah lelah dan pusing dalam pelaksanaan PPLBK Sekolah, saling menjelek-jelekan rekan sejawat, dan tidak kompak dalam pelaksanakan PPLBK Sekolah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hambatan pribadi mahasiswa dalam pelaksanaan PPLBK Sekolah. 2) Hambatan sosial mahasiswa dalam pelaksanaan PPLBK Sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah, semua mahasiswa PPLBKS semester ganjil 2013 sebanyak 197 orang, dengan sampel penelitian sebanyak 66 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik insidential sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sedangkan untuk analisis data digunakan teknik persentase. Hasil penelitian mengungkapkan hambatan mahasiswa BK 2010 STKIP PGRI Sumatera Barat dalam pelaksanaan PPLBKS, yang meliputi dua hal yaitu: 1) Hambatan pribadi berada pada kategori banyak hambatan. 2) Hambatan sosial berada pada kategori banyak hambatan. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan kepada mahasiswa, agar memiliki kesiapan pribadi dan sosial yang matang dalam melaksanakan PPLBKS, kepada Program Studi, sebagai masukan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa sebagai calon guru BK, bagi peneliti sendiri, agar bisa menjadi bahan masukan dan menambah wawasan tentang hambatan yang dialami mahasiswa dalam pelaksanaan PPLBKS terutama tentang hambatan pribadi dan sosial.