Profil Interaksi Sosial Peserta Didik yang Mengikuti OSIS di SMK Negeri 6 Padang
Main Author: | Delvia, Permata Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10612/1/10060178%20DELVIA%20PERMATA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10612/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10612/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10612/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10612/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang kurang mampu dalam berinteraksi sosial. Berdasarkan hasil observasi terlihat bahwa adanya peserta didik yang menjadi anggota OSIS cenderung menjauhi atau mengurangi kontak sosial dengan orang lain atau kelompok yang bukan anggota OSIS. Penelitian ini di lakukan di SMK Negeri 6 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi sosial peserta didik yang mengikuti OSIS dilihat dari kontak sosial dan komunikasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang mengikuti OSIS di SMK Negeri 6 Padang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling di mana semua peserta didik yang mengikuti OSIS dijadikan sampel penelitian dikarenakan maksud dan tujuan tertentu. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 28 orang peserta didik yang mengikuti OSIS di SMK Negeri 6 Padang. Data penelitian diperoleh melalui angket. Data diolah menggunakan teknik persentase. Dari analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa interaksi sosial peserta didik yang mengikuti OSIS dilihat dari kontak sosial dan komunikasi dikategorikan sangat baik. Interaksi sosial peserta didik yang mengikuti OSIS dilihat dari kontak sosial berada pada kriteria sangat baik. Hasil ini menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik yang mengikuti OSIS dilihat dari kontak sosial memiliki interaksi sosial yang sangat baik sedangkan interaksi sosial peserta didik yang mengikuti OSIS dilihat dari komunikasi berada pada kriteria sangat baik. Hasil ini menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik yang mengikuti OSIS dilihat dari komunikasi memiliki interaksi sosial yang sangat baik.