Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa peserta didik yang mengatakan lebih suka sendiri, selalu berfikir bahwa dirinya rendah / merasa tidak diterima, tidak percaya diri dan takut gagal, mereka berfikir bahwa hanya peserta didik yang dekat dengan guru saja yang akan mendapatkan prestasi belajar yang baik, takut dan merasa malu untuk tampil di depan kelas, selalu merasa pendapatnya tidak pernah diterima oleh orang lain, serta peserta didik lebih banyak diam ketika guru mengajukan pertanyaan, kurang memperhatikan kerapian tulisan, peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran, peserta didik tidak percaya diri untuk bertanya, dan peserta didik sering membuat tugas asal-asalan. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan: 1) Gambaran konsep diri peserta didik, 2) Gambaran prestasi belajar peserta didik, 3) Hubungan konsep diri dengan prestasi belajar peserta didik di kelas XI SMA Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi semua peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 250 orang dan sampel 71 orang. Penarikan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data berupa angket dan studi dokumentasi berupa nilai rapor. Untuk menganalisis data konsep diri dan data prestasi belajar peserta didik dengan menggunakan teknik analisis persentase, sedangkan pengujian hipotesis untuk melihat hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar peserta didik dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment Correlation, perhitungannya menggunakan jasa komputer dengan bantuan program Microsoft Excel dan program SPSS versi 16.0. Hasil analisis data diperoleh: (1) Konsep diri peserta didik berada pada kategori kurang baik. (2) Prestasi belajar peserta didik berada pada kategori sedang. (3) Hubungan konsep diri dengan prestasi belajar peserta didik didapatkan r hitung 0,273> r tabel 0,234 Pada df 69 dengan taraf signifikan 0,01 (sig<0,05). Jadi berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar peserta didik di kelas XI SMA Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan dengan tingkat hubungan rendah.