Peran Guru BK dalam Membantu Pencapaian Tugas Perkembangan Sosial Peserta Didik Berkebutuhan Khusus pada Pendidikan Inklusi (Studi di SMK Negeri 4 Padang)
Main Author: | Cici, Fitri Rahayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10609/4/10060170%20CICI%20FITRI%20RAHAYU.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10609/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10609/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10609/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10609/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik berkebutuhan khusus yang bermasalah dalam bersosialiasi. Ketunaan/ kekhususan yang dimiliki membuat peserta didik berkebutuhan khusus kesulitan dalam pencapaian tugas perkembangan sosial mereka. Fokus dan tujuan penelitian yaitu bagaimana peran guru BK dalam membantu pencapaian tugas perkembangan peserta didik berkebutuhan khusus dalam bersosialisasi di lingkungan sekolah dengan teman sebaya dan bersosalisasi sesuai dengan peran gender. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu menggambarkan gejala-gejala, fakta dan realita yang ada di lapangan dengan apa adanya. Adapun informan penelitian ini adalah: guru BK, guru pembimbing khusus, wakil kesiswaan dan peserta didik berkebutuhan khusus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan studi dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam pengolahan data yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dianalisis mengungkapkan bahwa peran guru BK dalam membantu pencapaian tugas perkembangan peserta didik berkebutuhan khusus bersosialisasi di lingkungan sekolah dengan teman sebaya diantaranya: (1) Memberi pelayanan mengenai keterampilan sosial. (2) Mengelompokan peserta didik dalam kegiatan pengembangan diri sesuai dengan kekhususannya. (3) Membimbing peserta didik untuk memahami konsep hidup demokratis. Peran guru BK dalam membantu pencapaian tugas perkembangan peserta didik berkebutuhan khusus bersosialisasi sesuai dengan peran gender adalah: (1) Memberikan pelayanan mengenai peran gender. (2) Melaksanakan kegiatan pendukung BK seperti tampilan kepustakaan. (3) Mengajak peserta didik untuk mengamati kehidupan sosial menyangkut peran sosial pria atau wanita dalam masyarakat.