Pengaruh Penggunaan Media Pendidikan oleh Guru BK terhadap Motivasi Peserta Didik dalam Mengikuti Layanan Informasi (Studi di Kelas VIII SMP Negeri 20 Padang)

Main Author: Afri, Rona
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10601/1/10060100%20AFRI%20RONA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10601/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10601/3/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10601/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10601/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena pada saat pemberian layanan informasi berlangsung peserta didik suka izin keluar, berbicara dengan teman, berjalan-jalan di kelas, mengganggu teman, bermain hand phone serta kurangnya interaksi dan umpan balik yang diberikan peserta didik saat pemberian layanan informasi. Maka peneliti mengangkat permasalahan penelitian tentang bagaimana pengaruh penggunaan media pendidikan oleh guru BK terhadap motivasi peserta didik dalam mengikuti layanan informasi (studi di kelas VIII SMP Negeri 20 Padang). Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 20 Padang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple Random sampling. Dari hasil perhitungan diperoleh sampel sebanyak 68 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah angket. Untuk menganalisis data digunakan rumus Regresi Linear Sederhana guna untuk melihat pengaruh penggunaan media pendidikan oleh guru BK terhadap motivasi peserta didik dalam mengikuti layanan informasi (studi di kelas VIII SMP Negeri 20 Padang). Hasil penelitian diperoleh: (1) Gambaran penggunaan media pendidikan berada pada kategori baik dengan persentase 85,29%. (2) Gambaran motivasi peserta didik berada pada kategori tinggi dengan persentase 76,4%. (3) Pengaruh penggunaan media pendidikan didapatkan thitung sebesar 4,180 > dan ttabel sebesar 0,23 dengan taraf signifikan 0,000 (sig<0,05). Jadi hasil penelitian didapatkan pengaruh penggunaan media pendidikan terhadap motivasi peserta didik dalam mengikuti layanan informasi di kelas VIII SMP Negeri 20 Padang dengan tingkat hubungan cukup kuat.