Daftar Isi:
  • Skripsi ini menjelaskan tentang fungsi keluarga dalam melanjutkan pendidikan anak, keluarga sebagai bagian-bagian dari sistem yang ada dalam masyarakat tentu mempunyai fungsi. Fungsi ini mengacu pada peran individu dalam mengetahui, yang pada akhirnya mewujudkan hak dan kewajiban anak dalam mendapatkan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan fungsi keluarga dalam melanjutkan pendidikan anak pada masyarakat keluarga petani coklat di Nagari Sumanik Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fungsional Structural (Talcot Parsons). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengambilan informan penelitian adalah teknik Purposive Sampling jumlah informan 16 keluarga petani coklat, informan ditentukan berdasarkan orang yang memiliki kriteria yaitu petani coklat, mempunyai anak usia sekolah. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Data ini di analisis menggunakan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa fungsi keluarga dalam melanjutkan pendidikan anak (kasus petani coklat di Nagari Sumanik Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar 1.) Memenuhi segala kebutuhan anak-anaknya dalam pendidikan, 2.)Menyediakan biaya pendidikan bagi anak-anaknya sampai ke jenjang pendidikan tinggi, 3.) Memberikan motivasi kepada anak-anaknya dalam pendidikan, karena pendidikan adalah modal untuk meraih masa depan yang sejahtera, dan pendidikanlah yang merubah ekonomi dalam keluarga.