Hubungan Interaksi Sosial dengan Moral Peserta didik kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Padang
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi dilapangan , yaitu adanya peserta didik lebih senang berinteraksi sosial dengan menggunakan kata-kata yang kasar dengan berkata kasar seperti itu terlihat bagaimana moral dari peserta didik. Oleh karena itu peneliti ingin melihat bagaimana hubungan interaksi sosial dengan moral. 1) Interaksi sosial peserta didik, 2) Moral Peserta didik, 3) Hubungan Interaksi sosial dengan moral peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Padang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif dengan analisis statistik korelasional dengan populasi peserta didik di kelas XI Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Padang yang berjumlah 170 orang dan sampel 63 orang. Penarikan sampel menggunakan teknik simple Random Sampling. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa angket. Untuk menganalisis data interaksi sosial dan data moral peserta didik dengan menggunakan teknik analisis persentase, sedangkan pengujian hipotesis untuk melihat hubungan interaksi sosial dengan moral menggunakan rumus Pearson Product Moment Correlation, perhitungannya menggunakan jasa komputer dengan bantuan program Microsoft Excel dan program SPSS versi 15.00. Hasil analisis data diperoleh : 1) Interaksi sosial peserta didik berada pada kategori sangat baik. 2) Moral peserta didik berada pada kategori sangat baik. 3)Hubungan interaksi sosial dengan moral peserta didik didapatkan rhitung0,468 > rtabel 0,248 pada df 61 dengan taraf signifikansi 0,01 < 0,05. Jadi berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan yang signifikan antara interaksi sosial dengan moral peserta didik kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Padang. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan maka direkomendasikan agar peserta didik dapat berinteraksi sosial dengan moral lebih baik lagi. Agar peserta didik lebih baik dalam berinteraksi sosial dan moral peserta didik juga lebih sangat baik.