Faktor Penyebab Peserta Didik Tidak Disiplin Datang ke Sekolah di SMA Bunda Padang
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik mengalami permasalahan tidak disiplin datang ke sekolah, baik dengan peraturan sekolah maupun dalam proses belajar mengajar Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Faktor penyebab peserta didik tidak disiplin datang ke sekolah dilihat dari faktor lingkungan sekolah 2) Faktor penyebab peserta didik tidak disiplin datang ke sekolah dilihat dari faktor lingkungan keluarga. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik yang tidak disiplin datang ke sekolah yaitu dari kelas XI sampai dengan kelas XII di SMA Bunda Padang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Jumlah sampel diperoleh sebanyak 52 orang. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu angket. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Faktor penyebab peserta didik tidak disiplin datang ke sekolah dilihat dari faktor lingkungan sekolah dengan kategori cukup banyak (2) Faktor penyebab peserta didik tidak disiplin datang ke sekolah dilihat dari faktor keluarga dengan kategori sedikit, hal ini disebabkan oleh faktor lingkungan sekolah dengan kategori cukup banyak yang membuat peserta didik menganggap bahwa keterlambatan datang ke sekolah karena melihat teman-teman juga banyak yang terlambat sehingga mereka sengaja untuk terlambat datang ke sekolah, sedangkan faktor lingkungan keluarga dengan kategori sedikit, hal ini karena orangtua memperhatikan anak-anaknya saat pergi dan pulang sekolah, sehingga peserta didik yang terlambat menjadi tepat waktu datang ke sekolah, dan sekolah tetap meningkatkan disiplin agar peserta didik mematuhi tata tertib sekolah dengan baik.