Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang belum mampu berinteraksi sosial dengan baik dalam proses pembelajaran dengan guru dan kelompok belajar. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan: 1) Profil interaksi sosial peserta didik dalam proses pembelajaran dengan guru, 2) Profil interaksi sosial peserta didik dalam proses pembelajaran dengan kelompok belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif yang berusaha menggambarkan tentang suatu keadaan apa adanya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Padang tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel menggunakan teknik simpel random sampling. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data berupa angket. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Profil interaksi sosial peserta didik dalam proses pembelajaran dengan guru berada pada kategori cukup baik, 2) Profil interaksi sosial peserta didik dalam proses pembelajaran dengan kelompok belajar berada pada kategori cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik di kelas X agar memperbaiki cara berinteraksi sosial dengan baik dalam proses pembelajaran dengan guru dan kelompok belajar. Selain itu kepada guru BK agar dapat membuat program bimbingan dan konseling serta menyelenggarakan pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling yang berhubungan dengan bidang pengembangan sosial kepada peserta didik agar dapat membantu peserta didik untuk mampu berinteraksi sosial secara baik dengan guru dan kelompok belajar dalam proses pembelajaran.