Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan persepsi orang tua terhadap pendidikan anak yang dipengaruhi rendahnya keinginan, dan kurangnya pemahaman orang tua terhadap pendidikan. Adapun tujuan penelitian ini adalah, untuk mendeskripsikan persepsi orang tua petani sawit dalam melanjutkan pendidikan anak ke perguruan tinggi dilihat dari kondisi sosial dan ekonomi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode wawancara dan observasi dengan informan kunci 4 keluarga petani sawit dan 4 orang informan tambahan. Data yang dikumpulkan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa; 1) Persepsi orang tua melanjutkan pendidikan anak ke perguruan tinggi dilihat dari kondisi sosial yaitu pada aspek latar belakang pendidikan orang tua yang berpengaruh terhadap keinginan melanjutkan pendidikan anak, kondisi kehidupan keluarga yang bercukupan dari bekerja sebagai petani sawit sehingga beranggapan pendidikan tidak terlalu penting, serta status sosial keluarga yang baik di lingkungan masyarakat sehingga pengaruh pendidikan terhadap status sosial keluarga tidak terlalu berperan. 2) Persepsi orang tua melanjutkan pendidikan anak ke perguruan tinggi dilihat dari kondisi ekonomi yaitu pada aspek distribusi produksi dengan bekerja sebagai petani sawit telah dapat memenuhi kebutuhan keluarga yang tidak memerlukan pendidikan yang tinggi, dan distribusi konsumsi yakni melanjutkan pendidikan anak ke perguruan tinggi yang memerlukan biaya yang mahal tidak terlalu meningkatkan ekonomi keluarga. Berdasarkan penelitian ini diharapkan kepada orang tua, agar lebih memperhatikan pendidikan anak, karena dengan pendidikan tersebut diharapkan anak mampu berkembang lebih baik.