Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah yang ditemui pada peserta didik yang belum serius dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Perencanaan. 2) Pengorganisasian. 3) Pelaksanaan. 4) Penilaian. 5) Tindak lanjut layanan konseling perorangan dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, populasi seluruh peserta didik kelas VIII yang telah melaksanakan konseling perorangan dengan jumlah 28 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket, analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Perencanaan layanan konseling perorangan pada kategori baik. 2) Pengorganisasian layanan konseling perorangan pada kategori baik. 3) Pelaksanaan layanan konseling perorangan pada kriteria cukup baik. 4) Penilaian layanan konseling perorangan pada kriteria cukup baik. 5) Tindak Lanjut layanan konseling perorangan pada kriteria cukup baik. Berdasarkan penelitian ini peneliti merekomendasikan kepada peserta didik sebagai generasi penerus bangsa agar lebih giat dan baik lagi dalam belajar. Sehingga akan memperoleh nilai yang baik dan dapat menggapai cita-cita yang diinginkan. Selanjutnya bagi guru BK agar memberikan bantuan kepada peserta didik sehingga prestasi belajar peserta didik meningkat sesuai dengan hasil yang diharapkan.