Persepsi Guru Kelas dalam Memahami Karakteristik Peserta Didik di SD Negeri 08 Alahan Panjang Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya guru kelas yang belum bisa memahami karakteristik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru kelas dalam memahami karakteristik peserta didik yang dilihat dari (1) Keadaan fisik dan keterampilan (2) Kemampuan bahasa (3) Keadaan emosi (4) Sikap dan perilaku moral. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang terdiri dari informan kunci dua orang guru kelas dan informan tambahan tiga orang, yaitu dua orang peserta didik dan satu orang kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui pedoman wawancara dengan analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian terungkap bahwa: (1) Persepsi guru kelas dalam memahami karakteristik peserta didik dilihat dari keadaan fisik dan keterampilan diperoleh bahwa adanya peserta didik yang merasa minder/menjauh dari teman-teman karena memiliki badan gemuk, kurus, pendek dan tinggi. (2) Persepsi guru kelas dalam memahami karakteristik peserta didik dilihat dari kemampuan bahasa diperoleh bahwa adanya peserta didik yang belum bisa menggunakan kosa kata yang baik saat berbicara. (3) Persepsi guru kelas dalam memahami karakteristik peserta didik dilihat dari keadaan emosi, seperti peserta didik sering berkelahi dengan teman-temannya saat bermain, sering mendongkol saat dimarahi guru. (4) Persepsi guru kelas dalam memahami karakteristik peserta didik dilihat dari sikap dan perilaku moral yang dimiliki peserta didik seperti sering berbohong kepada guru dan teman-temannya, serta sering memilih-milih teman saat bermain. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan kepada guru kelas untuk lebih bisa memahami karakteristik yang dimiliki peserta didik di sekolah. Guru kelas bisa mendekatkan diri dengan peserta didik yang memiliki karakteristik berbeda dengan teman-temannya, dengan terbentuknya karakter yang baik oleh peserta didik maka guru kelas bisa membina hubungan yang baik dengan peserta didik. Maka disini sangat diharapkan sekali guru kelas harus bisa memahami karakteristik peserta didik di sekolah.