Profil Penyesuaian Diri Peserta Didik yang Memiliki Orangtua Tiri di Kelas VIII SMP Negeri 17 Padang
Daftar Isi:
- Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan di SMP Negeri 17 Padang pada tanggal 12 Januari 2015 terdapat peserta didik yang belum mampu menyesuaikan diri dengan baik di sekolah. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian yang akan dilaksanakan ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Aspek penyesuaian pribadi, (2) Aspek penyesuaian sosial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang terdiri dari dua orang informan kunci dan enam orang informan tambahan, yaitu wali kelas, guru mata pelajaran, guru BK, dan teman sebaya. Data dikumpulkan melalui pedoman wawancara, dokumentasi dan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian terungkap bahwa: 1) Penyesuaian pribadi peserta didik yang memiliki orangtua tiri tidak terjalin dengan baik antar sesama teman sebaya di sekolah, 2) Penyesuaian sosial peserta didik yang memiliki orangtua tiri tidak menunjukkan penampilan dan sikap sosial yang tidak baik ke sekolah. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyarankan kepada peserta didik, agar berusaha menyesuaian diri dengan baik, untuk wali kelas dan guru mata pelajaran, diharapkan guru memperhatikan peserta didik lebih khususnya peserta didik yang memiliki orangtua tiri dalam penyesuaian pribadi dan penyesuaian sosialnya di sekolah. Untuk guru BK, agar guru BK di sekolah juga bertanggung jawab atas keadaan atau masalah peserta didik dengan layanan yang diberikan kepada peserta didik di sekolah. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan mengenai penyesuaian diri peserta didik yang memiliki orangtua tiri terhadap penyesuaian pribadi dan sosial, serta mempedomaninya sebagai bahan masukan untuk menyusun skripsi dengan aspek yang lebih luas.