Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya orang tua yang tidak mengetahui pentingnya karakter bagi anak, adanya orang tua yang menganggap karakter tidak penting, dan adanya orang tua yang membiarkan anaknya bersikap kurang baik. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan: 1) Peran orang tua dalam mengembangkan karakter anak yang berhubungan dengan nilai religius, 2) Peran orang tua dalam mengembangkan karakter anak yang berhubungan dengan nilai jujur, 3) Peran orang tua dalam mengembangkan karakter anak yang berhubungan dengan nilai disiplin, 4) Peran orang tua dalam mengembangkan karakter anak yang berhubungan dengan nilai mandiri. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang tua perempuan anak usia dini di Jorong Koto Tuo Nagari Tanjung Bingkung Kecamatan Kubung Kabupaten Solok, yang berjumlah sebanyak 48 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu sebanyak 48 orang tua perempuan anak usia dini. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan rumus persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa orang tua dalam mengembangkan karakter anak usia dini di Jorong Koto Tuo Nagari Tanjung Bingkung Kecamatan Kubung Kabupaten Solok sebagai berikut: 1) Peran orang tua dalam mengembangkan karakter anak usia dini untuk memiliki sikap religius dalam kategori baik, 2) Peran orang tua dalam mengembangkan karakter anak usia dini untuk memiliki sikap jujur dalam kategori sangat baik, 3) Peran orang tua dalam mengembangkan karakter anak usia dini untuk memiliki sikap disiplin dalam kategori cukup baik, 4) Peran orang tua dalam mengembangkan karakter anak usia dini untuk memiliki sikap mandiri dalam kategori kurang baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka peneliti berharap kepada pihak pendidik terutama orang tua agar lebih meningkatkan perannya dalam mengembangkan karakter anak usia dini, dan memberikan pemahaman kepada anak tentang nilai-nilai karakter yang baik, agar anak memiliki karakter yang kuat.