Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang kurang percaya diri dalam pelaksanaan bimbingan kelompok dan kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Pelaksanaan tahap-tahap layanan bimbingan kelompok dalam memujudkan kepercayaan diri peserta didik. 2) Topik layanan bimbingan kelompok dalam memujudkan kepercayaan diri peserta didik. 3) Evaluasi layanan bimbingan kelompok dalam mewujudkan kepercayaan diri peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 27 Padang, jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi sebanyak 35 peserta didik. Penarikan sampel mengunakan teknik total sampling, dengan Jumlah sampel sebanyak 35 peserta didik. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah angket sedangkan untuk melaksanakan analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam memujudkan kepercayaan diri peserta didik dilihat dari tahap pelaksanaannya berada pada kategori baik. (2) Topik layanan bimbingan kelompok dalam mewujudkan kepercayaan diri peserta didik berada pada kategori sangat baik. (3) Evaluasi layanan bimbingan kelompok dalam mewujudkan kepercayaan diri peserta didik berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan temuan penelitian, kepada pemimpin kelompok (Guru BK) agar meningkatkan lagi pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam mewujudkan kepercayaan diri peserta didik. Direkomendasikan kepada kepala sekolah agar dapat memfasilitasi pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam mewujudkan kepercayaan diri peserta didik serta melengkapi sarana dan prasarana yang ada khususnya untuk pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di sekolah.