Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kerjasama guru BK dan guru mata pelajaran dalam membantu peserta didik yang under achiever yang belum berjalan dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kerjasama guru BK dan guru mata pelajaran dalam membantu peserta didik yang under achiever dilihat dari (1) kerjasama guru BK dan guru mata pelajaran dalam membimbing peserta didik under achiever untuk mengenal keadaan diri pribadinya dalam rangka mengoptimalkan prestasinya (2) kerjasama guru BK dan guru mata pelajaran dalam membimbing peserta didik yang under achiever untuk memiliki keterampilan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang terdiri dari informan kunci dua orang guru BK, dan tiga orang guru mata pelajaran serta informan tambahan dua orang peserta didik under achiever. Data dikumpulkan melalui pedoman wawancara dengan analisis data, yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh hasil bahwa (1) kerjasama guru BK dan guru mata pelajaran dalam membimbing peserta didik yang under achiever yaitu dalam berbagi informasi tentang keadaan pribadi peserta didik under achiever sudah dilakukan tetapi belum semua guru mata pelajaran yang menjadi informan kunci yang melakukan ini. Serta dalam melaksanakan tes bakat dan minat peserta didik under achiever belum dilakukan oleh guru mata pelajaran, hanya guru BK saja. Selanjutnya dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler peserta didik under achiever sudah dilakukan oleh guru BK dan guru mata pelajaran. (2) kerjasama guru BK dan guru mata pelajaran dalam membimbing peserta didik yang under achiever untuk memiliki keterampilan belajar yaitu dalam membentuk peserta didik under achiever yang mandiri dalam belajar sudah dilakukan, dan dalam menumbuhkan minat dan motivasi belajar peserta didik under achiever sudah dilakukan tetapi tidak berjalan dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan kepada bapak/ibu guru untuk lebih mempererat kerjasamanya terutama dalam membantu peserta didik yang under achiever.