Pelaksanaan Layanan Penguasaan Konten dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di Kelas XI SMA Negeri 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didk yang belum mampu memahami materi pelajaran, bahkan tidak mengerti terhadap apa yang dipelajari di kelas. Berdasarkan hasil observasi terlihat peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan layanan penguasaan konten dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik dilihat dari peningkatan prestasi belajarnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Jumlah populasi adalah sebanyak 212 peserta didik, jumlah sampel dalam penelitian ini 68 orang peserta didik di SMA Negeri 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Data penelitian diperoleh melalui angket dan wawancara. Data diolah menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan diperoleh hasil bahwa pelaksanaan layanan penguasaan konten dalam meningkatkan prestasi belajar terhadap peningkatan prestasi belajar berada dalam kategori sangat baik. peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Pancung Soal telah dapat meningkatkan prestasi belajar dengan sangat baik, karena dari data yang diperoleh 69.12% atau sebanyak 47 peserta didik berada pada kategori sangat baik. Hasil penelitian ini direkomendasikan pada guru BK, dan pihak sekolah agar dapat mempertahankan kinerjanya.